Wednesday, October 22, 2014

5 Travel Blogger Indonesia


Beberapa tahun belakangan ini tren traveling dan blogging kian marak di Indonesia. Saya salah satu ‘korban’nya. Ada banyak banget traveler, backpacker, flashpacker, wisatawan, turis, atau apapun sebutannya yang mulai menuliskan kisah perjalanannya. Ada yang cuma sekedar hobi, tak jarang yang menjadikannya pekerjaan utama.

Saya sering blogwalking di beberapa blog dan komunitas travel blogger Indonesia. Tentu saja dari jalan-jalan virtual ini saya banyak dapat informasi, inspirasi, dan motivasi. Saya jadi ingin lebih serius dan konsisten menggarap Places On and Off, memberi informasi buat banyak traveler dan syukur-syukur bisa menang kompetisi blogger (Amin!)

Para travel bloggers juga banyak berkontribusi memajukan pariwisata Indonesia. Kalau bukan dari blog, saya nggak akan pernah tahu bagaimana caranya sampai ke Tanjung Bira. Kalau bukan dari blog, saya nggak akan pernah tahu ada pantai cantik di Berau sana. Kalau bukan karena blog, Wakatobi sampai sekarang mungkin hanya surga tersembunyi bagi wisatawan mancanegara. Ada 5 travel blog yang menjadi favorit saya:

Tampilan Blog Discover Your Indonesia
Saya kagum sama Firsta, pemilik blog yaang mengeksplor keindahan Indonesia dari pulau-pulau besar hingga yang kecil-kecil. Karena ditulis dalam bahasa Inggris, blog ini pasti sangat membantu turis mancanegara yang butuh informasi tentang Indonesia. Tampilan blognya juga bagus banget, nggak buat kita tersesat kalau lagi butuh informasi. Menu yang paling saya sukai di Discover Your Indonesia adalah ‘Stop and Stare’, yang isinya blog-blog keren dari berbagai negara yang diikuti Firsta. Masuk ke blog ini bikin saya seperti keliling Indonesia dan dunia.

Tampilan Blog Catperku
Sesuai dengan namanya, blog ini sinya tentang catatan perjalanan seorang geek keliling Nusantara dan Asia. Kalau mau nyari info tentang traveling keliling Indonesia, trik menyusun itinerary, travel gadgets, dan tips backpacking murah meriah, Catperku banyak banget ngasih info. Oiya, yang punya blog hobi banget ikut kompetisi (dan selalu menang). Salut!

Tampilan Blog Thelostraveler
Yang saya paling suka dari The Lost Traveler adalah temanya yang nggak fokus ke destinasi melulu, tapi juga human interest. Iya, di setiap perjalanan pasti kita ketemu banyak orang yang tak jarang jadi inspirasi, namun orang-orang ini selalu luput dari perhatian.
Sama seperti Catperku, yang punya blog juga rajin banget ikut kompetisi dan selalu menang!

Tampilan Blog Mainmakan
Dari namanya aja udah menarik. Main, makan. Dua kegiatan favorit saya dan mungkin semua orang  di seluruh jagat raya. Tiap masuk ke blognya, pasti saya langsung klik menu ‘Kuliner’. Duh...foto-fotonya itu lho, bikin ngiler.

Tampilan Blog Wiranurmansyah
Coba deh masuk ke blognya Wira Nurmansyah, pasti langsung kagum sama foto-fotonya. Para pendaki gunung mungkin lebih senang lagi karena isinya banyak banget tentang hiking dan trekking. Mas Wira (duh, panggil Mas udah kayak kenal aja) orangnya teliti banget. Tulisan yang paling saya ingat itu ‘5 Kejanggalan dalam Pendakian 5cm’. Saking bagusnya artikel ini sampai berkali-kali di-share oleh pembacanya di Facebook dan Twitter.


5 travel blog diatas keren-keren. Semua tergabung dalam komunitas Travel Bloggers Indonesia (TBI). Pssttt...saya dari dulu pengen gabung komunitas ini. Kenapa? Dengan bergabung di komunitas, tentunya menjadi satu kebanggaan karena berada diantara penulis-penulis handal. Bisa silaturahmi. Bisa tukar informasi. Bisa saling menginspirasi. Dan tentunya punya misi yang sama, mempromosikan keindahan Indonesia. Setelah memantau lebih dari setahun, akhirnya sekarang saya memberanikan diri. Postingan ini dibuat sebagai salah satu syarat bergabung dengan Travel Bloggers Indonesia dan memotivasi diri sendiri untuk lebih konsisten menulis.

5 comments :

  1. Hi Linda,
    Terima kasih banyak ya atas reviewnya. It made my day!
    Btw, it would be great to receive article(s) about Tana Toraja if you are still interested in contributing on DYI. :)

    ReplyDelete
  2. wah >,< travel blog ku direview disini! Terimakasih banyaaak, semoga enggak kapok mampir ke blog ya ^^

    ReplyDelete
  3. Wahhh kayaknya jadi travel blogger bakalan seru ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir.. Saya sih masih belajar, hehe

      Delete