Sunday, November 3, 2013

Hongkong Day 7 - Shenzen, Causaway Bay, HKIA


13 Agustus 2013

Begitu banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi di Shenzen dan Hongkong, tapi karena waktunya mepet banget, akhirnya hari terakhir saya habiskan dengan jalan-jalan di Splendid of China, Shenzen. Sebelum berangkat, lagi-lagi nyobain makan bakmi  warung deket hotel. Murah dan enak. Kalo warung ini buka cabang di Jakarta dengan harga yang sama, pasti laku keras. 

Dumpling pendamping bakmi. yummie!
Dengan membayar tiket masuk sebesar 150 RMBuntuk masuk ke Splendid of China, pengunjung akan disuguhi semua atraksi wisata yang ada di China, mulai dari The Great Wall, Forbidden City, hingga Terracotta Warriors and Horses, tetapi semuanya dibuat dalam ukuran kecil, rata-rata berskala 1:15. Saking ingin menyamai aslinya, bahkan keadaan geografisnya pun dibuat detail. Ah, kalau soal tiru-meniru emang China jagonya.

Warriors and Horses

Cara menuju ke Splendid of China ini gampang banget. Dari stasiun Metro Louhu turun di Stasiun Huaqiaochey, keluar melalui Exit D trus ikutin petunjuk Splendid of China di sepanjang jalan. Cuaca waktu itu pas lagi nggak bersahabat dan hujan seharian penuh. Setelah puas berkeliling, saya kembali ke Pu Du Hotel dan segera check out sebelum jam 12.


Dari Stasiun Louhu, saya kembali ke Hongkong dan dari Stasiun MTR Lowu dan turun di Causaway Bay. Sebenernya penasaran sama ‘Toilet Restaurant’ di Causaway Bay, tapi nggak kesana karena takut ketinggalan pesawat kembali ke Singapore. Penerbangannya jam 8 malam sih, tapi lebih baik kecepetan daripada telat .

Cara paling murah menuju ke Hongkong International Airport adalah dengan Airport Bus. Dari Causaway Bay saya jalan agak jauh nyari halte yang disinggahi bus A11 yang menuju airport. Bus ini nongolnya agak lama, jadi mesti sabar nunggunya. Kalau buru-buru, saya sarankan naik MTR yang langsung menuju airport, soalnya bus A11 ini banyak berhentinya.


Sepertinya saya kurang beruntung hari itu, karena tas saya yang selama ini lolos-lolos aja masuk kabin, ditimbang dengan teliti dan melebihi batas free 10kg. Terpaksa deh keluar duit 320 HKD untuk bayar kelebihan bagasi.

Terminal 2 Hongkong International Airport
Pesawat yang saya tumpangi sempat delay 30 menit karena alasan operasional, dan belakangan saya tau, ternyata hari itu ada typhoon dan hari berikutnya semua penerbangan dari dan menuju Hongkong diberhentikan.


Sampai di Changi Airport Singapura, salah satu bandara favorit saya, waktu udah tengah malam dan dengan senang hati saya menginap di bandara, sambil menimbang-nimbang kemana selanjutnya. Harusnya saya kembali ke Bintan Island untuk kembali bekerja, tapi yahh... nggak ada alasan lagi untuk kembali kesana. Saya siap untuk perjalanan selanjutnya, tanpa rencana, menjelajah sejauh mungkin, berteman sebanyak mungkin, dan mungkin menemukan cinta

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Budget Hari ke-7:

Makan & Jajan : 17.5 RMB

Metro : 10 RMB
Splendid of China : 150 RMB
Bus A11 to Airport : 21 HKD
Bagasi : 320 HKD
TOTAL: 177.5 RMB + 341 HKD = Rp 762.100,00

No comments :

Post a Comment