Tuesday, September 10, 2013

Hongkong Day 1 - Sepanjang Hennessy Road

Masih 7 Agustus 2013

Tiba di tempat yang asing pada larut malam itu selalu nggak menyenangkan. Saya sampai di Hongkong International Airport (HKIA) jam 21.00 malam. Setelah mengambil bagasi, celingak-celinguk karena bandaranya gede banget, nanya sana-sini, akhirnya sampai juga di halte bus A11 dengan tujuan Causaway Bay. Sebelumnya mengisi kartu Octopus pemberian salah seorang teman di Tanah Air (oh beruntungnya saya) sebesar 100 Hongkong Dollar (HKD). Kartu ini bisa digunakan untuk berbagai macam moda transportasi di hongkong, mulai dari MTR (Metro Hongkong), bus, hingga ferry. Kartu Octopus yang baru bisa dibeli di HKIA seharga 150 HKD, dan dapat diisi ulang di semua stasiun MTR. Tarif bus A11 dari HKIA ke Causaway Bay adalah 60 HKD. Mahal ya? Iya.

Setelah perjalanan dengan bus selama hampir 1 jam, akhirnya bus tiba di Hennessy Road, tempat saya menginap, dan saya langsung turun. Yang saya nggak tau, Hennessy Road itu ternyata panjaaaang banget. Hostel saya bernomor 475, dan saya turun di bangunan nomer 90-an. Jadi saya harus jalan melintasi 200-an bangunan, dengan asumsi penomoran gedung hadap-hadapan ganjil genap.

Setelah berjalan, akhirnya sampai juga di Yesinn Hostel Causaway Bay. Lokasinya dekat banget dengan Causaway Bay MTR Station dan SOGO. Disini juga pusatnya foodstreet murah. Tapi hati-hati, sebagian besar diantaranya adalah tidak halal. Tapi dengan bodohnya saya masuk di salah satu restoran dan membayar 50 HKD untuk 1 porsi nasi goreng.

Street Food di Causaway Bay
Setelah check in, mandi, makan dan jalan-jalan di sekitar Causaway Bay, saya kembali ke female dorm di Yesinn Hostel dan tidur!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BUDGET:
Topup Octopus Card : 100 HKD
Hostel untuk 2 malam : 362.35 HKD
Makan malam : 50 HKD
TOTAL : 512.35 HKD = Rp 691.672,00 (kurs 1 HKD = Rp 1350)