Sunday, May 5, 2013

Let's Get Lost in Hanoi

11 Maret 2013

Hari ini saya harus pindah dari rumah host saya di Hanoi, Ben, ke penginapan di Old Quarter. Bukannya saya nggak betah tidur di bale-bale kayu, bukan juga karena diusir Ben. Bangun pagi, saya udah ngeliat Ben sibuk nulis-nulis sesuatu di meja dengan kamus English - Vietnam disebelahnya. Tulis apaan ya dia?  Setelah mandi dan siap berangkat, Ben memberikan secarik kertas yang isinya petunjuk naik bus umum dari kost-annya ke Old Quarter, lengkap dalam dua bahasa: English & Viet. ooo...jadi ini yang sibuk ditulis dari pagi?

Petunjuk dari Ben
Sebelum benar-benar berpisah, Ben mengajak saya makan di warung makan favoritnya yang nggak jauh dari kantornya. Saya lupa nama makanannya, yang jelas berupa mie, dengan kuah bening (bukan Pho), dan potongan daging ibab dan sayur-sayuran segar.

Menu Sarapan dengan Ben
Setelah makan dan berpisah dengan Ben di halte bus, dimulailah petualangan dengan bus umum di Hanoi. Dengan berat hati, saya mengakui kondisi bus di Hanoi jauhhhh lebih bagus daripada bus di Jakarta. Walaupun padat, penumpang sangat tertib, naik melalui pintu depan, dan turun melalui pintu belakang. Vietnam dan Indonesia sama-sama negara berkembang, tapi kenapa... Ah, sudahlah.

Bus di Hanoi

Untuk sampai di Old Quarter, saya harus dua kali ganti bus. Perjalanan satu jam lebih, dan saya nyasar! Setelah tanya sana-sini ke orang lokal, akhirnya saya memutuskan naik ojek sampai ke Hoan Kiem Lake. Sebelum jalan mencari hostel, saya jajan buah segar di pinggir jalan. Tapi kayaknya saya kena tipu deh. Mangga kok harganya sampe 20.000 VND. Tapi enak sih mangganya.hehehe..

Salah Satu Jajanan  di Sekitar Hoan Kiem Lake
Pencarian hostel di Distrik Old Quarter ini agak rumit.  Ada banyak gang yang mirip satu sama lain. Kalau nggak ada peta pasti nyasar. Saya berkali-kali keluar-masuk gang yang sama. Banyak penginapan, tapi bangunannya kecil-kecil dan memanjang ke belakang. Akhirnya pilihan saya menginap di Homey Hotel yang nggak ada kamar dorm-nya seperti hostel pada umumnya.

Homey Hotel - 39 Hangbe Str - Hoankiem Dist - Hanoi
Web:www.homeyhotel.com
Tel : +8439352348 Fax: +8439352347
Hotline: 84 986969898

Sore hari, saya jalan-jalan di sekitar Old Quarter, dengan berbekal peta dari hotel. Menjelang malam, para pedagang mulai berjualan makanan dan mengatur kursi-kursi plastik kecil di pinggir jalan untuk para pembeli.

Salah Satu Gang di Old Quarter

Ada satu pertunjukan wajib dilihat jika berkunjung ke Hanoi, yaitu Water Puppetry Show. Water Puppet atau boneka air adalah kesenian tradisional Vietnam yang sekarang mulai langka. Pertunjukan dilakukan dalam kolam air setinggi pinggang berukuran 4x4 meter. Pertunjukan dilengkapi dengan alat musik tradisional dan sinden. Tema yang diusung seputar kehidupan masyarakat Vietnam di pedesaan yang diberi unsur komedi. Untuk menyaksikan pertunjukan ini datanglah ke Thanglong Water Pupet Theatre yang lokasinya di sekitar Hoan Kiem Lake. Tiket masuk sebesar VND 100.000 dan dikenakan biaya tambahan untuk kamera.

Gedung Tempat Pertunjukan Water Puppet
Water Puppet Show berlangsung kurang lebih satu jam. Boneka-boneka yang lucu digerakkan oleh orang-orang dari balik tirai bambu. Di akhir acara, orang-orang yang menggerakkan boneka ini keluar dari balik tirai dan menari bersama boneka-bonekanya.

Di Akhir Acara, Orang-orang Muncul dari Balik Tirai
Selesai pertunjukan, saya jalan-jalan di sekitar Hoan Kiem Lake. Sendirian. Saya tidak menemukan travel partner kali ini, mungkin karena tidak tinggal di dormitory. Pemandangan di sekitar Hoan Kiem Lake tidak kalah cantik dengan siang hari.

Salah Satu Landmark Distrik Old Quarter
Setelah makan malam di sekitar hotel dan jajan makanan yang sedikit ekstrim, saya kembali ke hotel dan istirahat.

-- to be continued --
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------