Friday, January 11, 2013

Eat, Shoping, Love #Solobackpacker #Trip2013 - Persiapan

Saya sudah lama sekali pengen ke Thailand. Apalagi membaca catatan-catatan para travelers yang udah pernah ke Thailand membuat saya makin ngiler akan negara gajah itu.

September 2012, saya memesan tiket ke Phuket untuk tanggal 13 Januari 2013.hahaha.. Masih lama, tapi menurut saya itu jadwal yang pas karena bertepatan dengan cuti dua bulanan saya, dan waktu itu masih ada waktu 4 bulan untuk mengumpulkan bekal (duit dan nyali).
Tiket Singapore-Phuket (yang nantinya ga kepake T.T)


Setelah membeli tiket, saya mulai menyusun itinerary.  Chatucak, Pratunam, Grand Palace, Wat Pho, What Arun adalah tujuan utama saya di Bangkok. Sementara di Phuket, tujuan utama saya adalah Phi-Phi Island, Maya Bay, dan tour pulau-pulau disekitarnya.

Langkah selanjutnya adalah membooking hotel. Berdasarkan review dari beberapa kaskuser, pilihan saya jatuh pada LubD Hostel untuk 4 malam di Bangkok dan Bodega Phuket di Phuket untuk 2 malam .

Nggak lupa mengumpulkan duit dollar demi dollar bulan demi bulan. USD dan SGD menurut saya adalah mata uang yang stabil dan nilainya tinggi kalo ntar ditukerin Thailand Baht.



Persiapan yang matang


Bulan demi bulan berlalu, makin dekat Januari saya makin semangat, semakin excited. Tapi kenyataan berkata lain. Tiba-tiba saja di akhir Desember 2012 oleh perusahaan saya harus dikembalikan ke Jakarta, yang berarti tidak ada cuti untuk Januari, berarti saya harus membatalkan rencana liburan ke Thailand. Saya nggak rela, donggggg... Gila, rencana berbulan-bulan harus hancur berantakan dalam sehari.

Apa yang saya lakukan? RESIGN! Hahaha... agak gila emang sih, resign dari perusahaan hanya karena nggak rela liburannya batal. Tapi saya bukanlah orang yang gila kerja dan gila karir. Pekerjaan bisa cari lagi, tapi liburan? Belum tentu. Dari dulu kalau mau liburan ada duit, nggak ada waktu. Ada waktu, nggak ada duit. Dan saya sudah mempersiapkan perjalanan ini jauh-jauh hari sebelumnya, jadi saya sama sekali NGGAK RELA kalo harus dibatalin. Demi apapun! Banyak orang yang menyayangkan keputusan saya yang terkesan terburu-buru, bahkan hampir semua orang. Satu-satunya orang yang mendukung keputusan saya adalahhhhh...Bokap,hahaa..

Tapi Tuhan Yang Maha Baik selalu beserta orang-orang nekad. Saya malah ditawarin pekerjaan yang ‘lebih’ dari sebelumnya. Saya minta mulai bekerja setelah liburan panjang, dan DIBOLEHKAN! Hahaha...kita emang nggak pernah tau bagaimana caranya Tuhan bekerja. Tadinya saya hampir depresi karena kehilangan pekerjaan dan kalau saya nekad liburan dan pulang dalam keadaan jobless, mau makan apa pulang dari Thailand?? Saya bener-bener nggak tau gimana caranya bersyukur sama Tuhan yang membukakan jalan begitu lebar dan mulus.

Akhirnya saya pun tidak mau berlama-lama menunggu 13 Januari 2013. Semua rencana berubah. Saya akan ke Thailand melalui perjalanan darat, yang memakan waktu jauh lebih lama dan lebih berat. Saya merubah itinerary, dan mengcancel tiket pesawat (yang ternyata nggak bisa). Saya juga merubah jadwal check in di Hotel Bangkok dan Phuket. Hostel di Phuket tidak bisa dimajukan karena tanggal yang saya pilih kamarnya sudah full booked. Jadi saya secara random memesan hostel di Agoda akhirnya ketemu Patong Backpacker Hostel tanpa pikir panjang langsung booking, nggak liat lagi kondisinya kayak gimana. Pokoknya ada tempat buat tidur aja (yang belakangan saya tau merupakan pilihan yang tepat sekali).

Saya juga memesan tiket pesawat untuk pulang dari Phuket-Singapore untuk tanggal 9 Januari (yang bakal jadi penyesalan seumur hidup saya) dengan pertimbangan karna bawa duit nggak terlalu banyak, yahh saya bisa pulang dan nggak perlu dideportasi karena kehabisan duit di negeri orang dan nggak bisa pulang. 

Dan akhirnya sampailah hari H nya, 30 Desember 2013 perjalanan pun dimulai.  Saya dan dua orang teman berangkat dari Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi menuju Singapore.  Pengen tau kisah selengkapnya? Klik link dibawah atu-atu ya...

Day 1: Singapore (IKEA, Chinatown, Hostel)
Day 2: Singapore (Henderson Waves, Marina Bay, Happy New Year!)
Day 3: Singapore (Arab Street, Bugis, Bus to Malaysia)
Day 4: Kuala Lumpur (KLCC, Chinatown, KL Central)
Day 5: Hatyai
Day 6: Bangkok (Hualampong, MBK, Madame Tussaud, Street Shopping)
Day 7: Bangkok (Chatucak, Southern Bus Terminal, Khaosan Road, Siam Niramit)
Day 8: Bangkok (Wat Pho, Wat Arun, Siam Square, Chao Phraya River)
Day 9: Phuket (Patong, Jungceylon, Bangla Road)
Day 10: Phuket (Phi-Phi Island Tour, Bangla Road)
Day 11: Phuket - Singapore

Happy Traveling!



No comments :

Post a Comment